Shareaholic

Shareaholic - related post

Wednesday, November 4, 2015

Panel Lantai


Di salah satu film Warkop DKI (sayang saya lupa judulnya), saya teringat momen saat Dono mengantarkan para turis berkeliling Jakarta. Dono menunjukkan pesatnya pembangunan di ibukota pada turis-turis asal Amerika ini. Tapi sayangnya turis-turis ini tidak terkesan, mereka malah menyombongkan proses konstruksi di negara mereka yang sangat cepat, lebih cepat daripada proses konstruksi di ibukota saat itu. Tidak mau kalah, Dono yang memang cerdik waktu ditanya oleh salah satu turis, “Kapan bangunan itu berdiri?” (sambil menunjuk salah satu bangunan megah), dia menjawab, “Wah tidak tahu ya, tadi malam tidak ada bangunan itu”. Dono menang, Indonesia menang.

Jawaban Dono memang jawaban pembalasan dendam. Faktanya teknologi untuk mempercepat proses konstruksi hingga bisa membuat bangunan dalam waktu semalam masih mustahil dilakukan, kecuali dalam dongeng. Namun bukan berarti inovasi teknologi dan efisiensi proses dalam sebuah proses konstruksi tidak ada. Teknologi dikembangkan, proses dibuat se-efektif dan se-efisien mungkin sehingga proses konstruksi bisa dilakukan dalam waktu yang lebih cepat, dengan biaya yang bisa ditekan.
Salah satu inovasi pada produk bangunan adalah adanya panel lantai (floor panel). Produk ini merupakan inovasi teknologi pada proses konstruksi yang bisa menekan waktu pengerjaan.

Panel lantai (floor panel) adalah produk yang digunakan untuk membangun dek/lantai bangunan bersusun secara instan, tanpa menerapkan proses cor seperti pada umumnya. Penggunaan panel lantai memiliki keunggulan tersendiri, terutama pada efisiensi waktu pembuatan dek bangunan.

Selain waktu pengerjaan yang efisien, keunggulan lain dari digunakannya panel lantai pada proses konstruksi antara lain:
  1. Mudah, cepat dan praktis dalam instalasinya.
  2. Presisi dan ringan, dibandingkan dengan material cor dengan ukuran yang sama.
  3. Kuat, mampu menahan beban 405 Kg/m², serta memiliki tulangan yang tahan karat
  4. Kedap air, serta tahan api
  5. Bersertifikat uji pengetesan produk
Selain itu, keunggulan lain pada produk panel lantai yaitu dapat diterapkan pada berbagai jenis rangka bangunan rumah, baik yang berbahan cor, hingga yang berbahan baja ringan. Dengan banyaknya keunggulan yang dimiliki pada produk panel lantai diatas, membuat produk ini sangat direkomendasikan sebagai bahan material pada pembuatan dek lantai, menggantikan bahan cor dalam membangun dek.

Pada instalasinya, produk panel lantai disusun di atas rangka bangunan rumah dengan susunan berjajar. Panel lantai dipasang menggunakan tambahan beton sebagai tulangan untuk memperkuat sambungan antar panel, kemudian ditutup dengan menggunakan semen grouting agar menghasilkan kekuatan maksimal.

Walaupun baru digunakan sejak tahun 2008 dan masih termasuk barang baru di dalam dunia bangunan, namun  kualitas produk panel lantai sudah tidak perlu diragukan lagi. Hal ini dapat kita amati sekarang bahwa penggunaan produk panel lantai sudah banyak digunakan pada perumahan-perumahan modern serta bangunan-bangunan lainnya.

Panel lantai jika salah dalam proses pemasangannya, justru akan menimbulkan masalah. yang paling jelas tentu saja kekuatan panel lantai yang tidak maksimal. Tapi jangan khawatir, jika Anda memesan panel lantai, pihak produsen juga menyediakan layanan konsultasi dan jasa pemasangan. Biasanya gratis. Jadi Anda tidak perlu ragu lagi.

Jawaban Dono mungkin masih sulit untuk direalisasikan. Tapi efisiensi waktu pengerjaan konstruksi bangunan, niscaya akan terus dikembangkan.

Pilihan cerdas ada ditangan anda !

Dapatkan produk panel lantai CITICON hanya di AJBS Home Centre


No comments:

Post a Comment