Shareaholic

Shareaholic - related post

Thursday, October 8, 2015

APD - Safety Helmet, Bukan Sekedar Helm Plastik Biasa



Penggunaan alat pelindung kepala merupakan hal yang sangat penting, karena cedera kepala dapat berakibat sangat fatal bagi setiap pekerja. Alat pelindung kepala yang akan kita bahas disini yaitu safety helmet, atau yang biasa dikenal dengan helm kerja.

Safety helmet terbuat dari bahan dari kombinasi material plastik khusus yang memiliki sifat tahan benturan, sehingga mampu melindungi kepala dari resiko cedera akibat terjadinya benturan keras atau terkena jatuhan benda tajam.
Penggunaan safety helmet hampir seluruhnya digunakan pada berbagai bidang pekerjaan, baik pada bidang industri, bangunan (sipil), pertambangan, dll. Penggunaan alat pelindung kepala / safety helmet, terlebih diwajibkan pada area-area dimana terdapat resiko, seperti :

  • Terdapat potensi benda jatuh dan mengenai kepala.
  • Terdapat potensi benturan dengan benda keras baik yang tetap atau bergerak.
Secara umum alat pelindung kepala (safety helmet) harus memenuhi kriteria berikut:

  • Tahan terhadap penetrasi atau tusukan dari benda.
  • Dapat menyerap kejutan pukulan.
  • Tahan terhadap air dan tidak mudah terbakar.
  • Memiliki intruski penggunaan yang jelas dan memiliki sistem perubah atau
  • penggantian suspensi dan ikat kepala.
Penggunaan alat pelindung kepala juga harus memenuhi standar yang sudah berlaku. Seperti standar dari OSHA (Occupational Safety & Health Association) yang merekomendasikan penggunaan alat pelindung kepala (safety helmet) sesuai / yang memenuhi standar ANSI Z89.1-1986 / EN 397.



PENGUJIAN PADA ALAT PELINDUNG KEPALA (SAFETY HELMET).
Standar pengujian pada alat pelindung kepala (safety helmet), yaitu dengan melalui pengujian dengan metode Charpy, metode ini melakukan pengujian dengan cara memberikan pukulan (impact) pada spesimen dengan posisi horizontal / mendatar, dan arah pembebanan berlawanan dengan arah uji.
Gb. Mesin uji Charpy.


Pada pengujian dengan metode charpy tersebut, Helm safety harus mampu menahan tumbukan sebesar 49 joules, dan tahan terhadap gaya tusuk hingga 29 Joules.

FITUR-FITUR HELM SAFETY
Pada helm safety, produk diciptakan dengan model 1 ukuran, atau biasa disebut dengan istilah all size. Namun pada setiap helm safety selalu dilengkapi dengan tali / bagian yang dapat diatur, sehingga dapat menyesuaikan dengan ukuran kepala pengguna.

Sistem pengencang pada setiap helm safety tidak sama, beberapa masih menggunakan sistem dengan pengencang pada bagian tali, dan sebagian besar menggunakan sistem pengencangan berupa sistem putar. Keunggulan pada sistem pengencangan model putar, atau biasa kita sebut dengan rotary, yaitu praktis, sehingga pengguna tidak perlu bersusah-susah untuk melakukan penyetelan. Selain itu penggunaan sistem rotary ini lebih efisien, karena tidak membtuhkan waktu banyak dalam pemasangannya. 

Demikian standar yang diterapkan pada safety helmet, gunakan selalu alat pelindung kepala agar anda selalu terlindungi dan juga menambah kenyamanan dalam bekerja.
 
Dapatkan produk helm safety hanya di AJBS Home Centre.

AJBS Home Centre bisa Anda temukan di Kota Surabaya, Semarang, Gresik, dan Sidoarjo.


No comments:

Post a Comment